Cara Menginstal Windows 10

Kenali Windows 10 adalah versi OS Windows yang diluncurkan sejak tahun 2015 oleh Microsoft dan saat ini masih menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan di dunia meskipun Windows 11 sudah dirilis, apa saja kekurangan dan kelebihannya?

Sebagian besar laptop keluaran terbaru sudah memiliki OS ini di dalamnya. tapi kebanyakan masih mengunakan Windows 10 karena masih SETABIL. Namun, tentu kita bisa instal Windows 10 di laptop tersebut.

Nah, disini kita akan membahas cara install windows 10 dengan langkah yang mudah beserta gambarnya. . Kita bisa menginstal ulang Windows 10 pada laptop atau PC lama kita asalkan spesifikasi PC atau laptop lama kita tersebut sesuai dengan spesifikasi minimum yang dibutuhkan. Inilah syarat minimal yang dibutuhkan:

  • Processor: pentium atau core 2 duo.
  • RAM: 1 GB atau lebih untuk versi 32-bit dan 2 GB atau lebih untuk versi 64-bit.
  • Hardisk: 30 GB atau lebih.

1. Buat Media Install Windows 10 dengan USB Flashdisk atau DVD

Pertama masukan media instal , Cara instal Windows 10 ada 2 macam yaitu yang pertama adalah menggunakan USB flashdisk dan yang kedua adalah menggunakan DVD. Siapkan DVD Windows 10 jika anda memiliki DVD installer Win 10. Tapi jika tidak punya, lebih baik pakai flashdisk untuk menginstal windows.

Jika anda belum memiliki media instalasi pada flashdisk berikut ini terdapat 2 cara untuk membuat media instalasi pada flashdisk. Pertama, menggunakan Media Creation Tool resmi dari Microsoft. Kedua, menggunakan aplikasi Rufus.

Cara Membuat Media Instalasi Windows 10 dengan menggunakan Rufus

Pada Image Option pilih Standard Windows installation. Pada Partition scheme pilih GPT. Pada Target system pilih UEFI (non CSM). Pada Volume Label isikan nama sesuai keinginan anda. Pada File system pilih FAT32. Lalu klik Start.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *